SAS (Sistem Informasi Absensi Sekolah)

Pembangunan Nasional menuntut dukungan sumber daya manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki etos kerja serta disiplin.

Perwujudan masyarakat berkualitas tersebut menjadi tanggungjawab pendidikan, terutama dalam mempersiapkan peserta didik menjadi subjek yang tanggung jawab dan profesional.

Pencatatan kehadiran siswa merupakan sarana melatih peserta didik untuk tanggung jawab, profesional, memiliki etos kerja serta disiplin. Namun dalam pelaksanaannya proses pencatatan dan pengelolaan absensi siswa menghadapi beberapa masalah, diantaranya:

1. Pencatatan kehadiran yang memerlukan waktu yang lama.

2. Sulitnya monitoring ketidakhadiran siswa yang up to date.

3. Sulit untuk melaksanaan pelaporan ketidakhadiran siswa secara cepat terutama kepada orang tua siswa.

Sitem Informasi Absensi Sekolah (SAS) hadir sebagai wujud pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lembaga pendidikan. SAS memberikan kemudahan dalam pencatatan, pengelolaan, monitoring, dan pelaporan absensi siswa. Dengan memanfaatkan teknologi GSM, SAS juga memberikan kemudahan pihak sekolah untuk melaporkan ketidakhadiran siswa kepada orang tuanya melalui SMS.

Harapan saya semoga SAS yang saya buat dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

SAS 100% Free dibuat dengan bahasa pemrograman Java, dan silahkan download di:

Aplikasi Server download disini.


Aplikasi Klien download disini.


Semoga Bermanfaat.

123 Balasan ke SAS (Sistem Informasi Absensi Sekolah)

  1. Bambang Gunawan mengatakan:

    Terima kasih, saya sudah berhasil download dan ingin dicobakan di sekolah Ora et Labora di Bumi Serpong Damai di Banten. Nanti akan disharingkan hasil uji coba ini. Sekali lagi terima kasih untuk usaha peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

  2. acep mengatakan:

    mo nanya username dan password untuk login. makasih…

  3. asepsuhendar mengatakan:

    Oh iya username: admin password: admin

  4. elyi mengatakan:

    mas,,,link download SAS kog gak ada y??

  5. wakhid kurniawan mengatakan:

    kalau di tempatku, musti gurunya yang harus dibuatkan SAS. Ha… ha.. ha…

  6. smanawa1 mengatakan:

    salam kenal,
    Mas Asep saya orang baru yang tertarik dengan SAS,
    saya guru di SMA Negeri 9 Malang,
    kalu berkenan bilakah saya bisa mendapatkan SAS?
    alamat.
    Drs Budi Putranto
    SMA Negeri 9 MAlang
    Jl. Puncak Borobudur 1 Malang
    tapi mbyar belkang ya mas?
    kaciiiiih

  7. agung Budi mengatakan:

    Bapak/ibu yth

    kalau tidak keberatan saya minta program SAS, saya tertarik dengan program SAS, saya punya sekolah insklusi di bandung untuk anak autis dan tuna rungu
    SD Mutiara Hati
    kalu berkenan bilakah saya bisa mendapatkan SAS?

    Mohon di kirim ke alamat saya
    Agung Budi Santoso
    Komplek Bumi parakan Asri Blok B No 3 Arcamanik Bandung 40293
    harganya berapa boleh nanti saya transfer
    email saya : agungbs_71@telkom.net
    Terimakasih sebelumnya

  8. Reza MS mengatakan:

    Slam kenal buat Kang ,Asep
    Saya Reza, guru di SMA Kosgoro Karawang dan saya tertarik dengan SAS,
    Bagaimana saya bisa mendapatkan SAS?

    Terima Kasih

  9. fadil mengatakan:

    mas saya coba download tapi ko udah ga ada ya… fhusnaini@gmail.com

    Jawaban
    Betul, sedang di perbaharui dulu…

  10. fahrul mengatakan:

    mas blh mnta no hpnya ga?saya ada yg mau ditnyain nih…kirim ke email saya ya…
    email saya kidds@plasa.com atau tlp saya di 021-92160698

    Jawab:
    Ini no. HP saya: 081 22 11 6557

  11. faried mengatakan:

    mas ne faried,,,yang hubungi mas tadi siank,,,
    mas lau dah di upload kasih tau ya,,,,ne email faried
    pao_apo2006@yahoo.com
    terima kasih

  12. liliez mengatakan:

    asslamualaikum, mas, mas bisa bantu lilis ndak mas?
    lilis ge pusing neh mas to seminar pertengahan maret neh
    mas bisa kirimkan cara buat sistem informasi absensi siswa mas to saya?
    saya perlu bget mas?
    tolon lilis ya mas
    please🙂

  13. […] Informasi lebih lanjut dan download silahkan klik disini. […]

  14. miss lingkh mengatakan:

    Tampaknya sangat berguna nich, Sasnya, Pak Asep. Salam kenal, ya..🙂

  15. Mam Esti mengatakan:

    Mas, apa bedanya aplikasi Server dengan aplikasi Klien? Itu untuk siapa? hehe, maaf gaptek :”>

    • asepsuhendar mengatakan:

      Terima kasih kunjungannya Mam Esti..kalau aplikasi server untuk pencatatan absensi manual, mengolah dan melaporkan data, kalau aplikasi klien untuk mencatat absensi secara elektronik menggunakan barcode (keyboard juga bisa)

  16. rizki mengatakan:

    kang user admin n password admin kok g masuk knp yak…???hatur nuhun

  17. Kholis mengatakan:

    Assalamialaikum….

    Makasih Kang Asep,
    Semangatnya untuk melayani semua orang Insya Alloh akan menambah Ilmu kang Asep

  18. dedisupriadi mengatakan:

    versi serverna tos didownload kantun versi client, Insya Allah dicobi upami error nyuhunkeun bantosanana.

  19. faried mengatakan:

    mas ne faried makasih ya dah dikasih linknya ,,,,
    faried sekarang gak bingung lagi…
    thanks banget yaaaaaaaaaa

  20. dedisupriadi mengatakan:

    kang SAS teu tiasa login, Socket creation error nul.

  21. asep suhendar mengatakan:

    Kang Dedi, socket creation error muncul pami computer name sanes “serversas”, sateuaacan di-instal computer name dijantenkeun “serversas”..

  22. puguh mengatakan:

    pak asep untuk download server naya kok g bisa ya?? padahal untuk client sudah bisa…?? terimakasih

  23. Rian AN mengatakan:

    saya kok blm bs buka uploadnya yaa.
    gmn yaaa????

  24. adi wibawa mengatakan:

    Mas Asep… saya coba download lebih dari 10 x kok gagal terus yah… udah 20 persen.. speed drop…eh… mati alias putus. saya sambung..putus. akhir kutulis ini… bisakah di kirim lewat email dan mohon ijin untuk saya muat di blogsaya. Makasih

    • asepsuhendar mengatakan:

      Duh sedih saya membacanya Mas Adi, sayang band width saya sempit banget (cuma pake telkomsel flash plus hp gprs) attach 1 MB juga gagal terus, kalau sas kan 80MB-an, jadi kayanya susah Mas.
      Kalau dimuat di blog silahkan, disebarluaskan juga bebas..

  25. adi wibawa mengatakan:

    Kang Asep akhirnya saya sukses … download tapi yang server… dan sekarang sedang coba download yang client udah 4 kali …speed ngedrop… padahal tinggal 2 menit …eh putus. akhirnya… download yang ke-5 sukses pas pukul 18.00 hari Rabu, 18 Maret 2009. Emang resiko ambil gratis yah… disertai do’a jika mo download. Saya mohon ijin untuk di upload pada blogku. Terima kasih mas Asep… jangan putus asa buat program… Terima kasih

  26. asepsuhendar mengatakan:

    Semoga berhasil Mas Adi..silahkan kalo mau dimuat di blog..setelah dicoba kirim koreksinya ya Mas..mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk memperbaiki programnya..thanks supportnya

  27. bayu mengatakan:

    kang asep, saya bayu guru it di smkn 1 cipunagara subang, saya dah berhasil download yg client,tapi socket creation error mas, saya di sekolah mu pake barcode reader, com name dah saya ganti serversas, tapi tetep aja, apa saya harus download servernya juga ? minta bantuannya kang,
    hatur nuhun.

    • asepsuhendar mengatakan:

      Iya Kang Bayu, servernya harus di install terlebih dahulu, kalo yang client hanya untuk mencatat, data di simpan di aplikasi server…
      Untuk client, kalau di instal di komputer yg berbeda dgn server (hrs terhubung LAN) computer name-nya jangan serversas..semoga membantu

  28. bayu mengatakan:

    tur nuhun kang, didoakeun sing seur rezeki, amiin..
    salam pendidikan..
    asskum.

  29. asep suhendar mengatakan:

    amiin..
    wa’alaikum salam kang bayu salam kanggo rerencangan di subang..

  30. smkn1cipunagara mengatakan:

    Sami2 kang Asep Salam juga Buat rEKAN dI cIAMIS

  31. gilang mengatakan:

    Mas ijin download yaa….
    Smoga bisa di aplikasikan di sekolah q yang dulu

  32. gilang mengatakan:

    Mas bisa g mirorin ke yg laen indowebter gitu di lokalin aja cz donloadnya putus terus nhe😦

  33. yuli mengatakan:

    pak kalau yang instal sas server dan masukkan user name dan password khok keluar debug window dan ada tulisan socket creation error ini di windowsnya apa saya salah yang instal ya mohon petunjuk

  34. ace mengatakan:

    kang saya masukin username: admin password: admin, kok gak masuk ya?….htur nuhun

  35. yuli mengatakan:

    Asslm
    Terima kasih Pak asep system sas anda sangat berguna sekali, semoga pak asep tambah rejekinya karena udah menularkan ilmunya, Sasnya udah aku coba tapi cuman aku bingung di sekolah saya liburnya jumat,gimana ya cara mensiasatinya.

  36. widhiyat mengatakan:

    ijin download kang !, mudah-mudahan manfaat dan lancar, kalau ada masalah boleh kontak kan ?
    jazaakalloh khoiron katsiiro

  37. iyus mengatakan:

    Upami asc schedule nu kapungkur tea masih gaduh keneh?
    hoyong nyobian deui.

  38. fani mengatakan:

    kang asep saya dari majenang nih tetanggga, setelah saya download dan di instal koq ga bisa masuk yah clientnya. kalo servernya bisa masuk tapi di cek di daftar user jumlah penggunanya = 0 dan saya tambahkan lagi koq ga mau dan keluar jendela baru namanya debug windows.gimana yah?? saya pengin banget bisa pake soft itu di tempat kerja saya. trims

  39. syawal mengatakan:

    Mas Asep, lam kenal ya?..gini Mas aku dah download, baru mau dicoba, program ini bisa membalas sms otomatis atau dikirim manual mas, mohon informasi cara kerjanya..
    terima kasih

  40. budisan68 mengatakan:

    pelu dicoba ni…

  41. adi apriadi mengatakan:

    asskum Kang Asep.
    Saya sudah download prog SAS nya, terima kasih banyak.
    Saya punya slot barcode reader bekas dan masih berfungsi dengan baik.
    Pertanyaannya :
    bagaimana cara integrasinya dengan barcode reader, apakah sdh plug n play ?
    Lalu untuk pembuatan barcode nya sendiri bgmn ?
    demikian juga dengan sms gateway.
    Mohon arahan teknis agar dapat memfungsikan semua fitur yang telah disediakan .. (sayang biar ga mubazir)

    Hatur nuhun pisan nya kang ..
    di tunggu info nya.

  42. adi apriadi mengatakan:

    kang .. kalau menu Tools > Siswa dan Sis, kenapa tidak aktif ?

  43. Ali Satar mengatakan:

    Ass.w.w Kang Asep
    Saya mau mencoba software sas ini untuk kehadiran siswa mengunjungi pustaka pake kartu yang support dengan barcode. Jika ada kesulitan mohon bantuannya ya kang Asep.
    Terima kasih
    Wass. Ali S

  44. cosel mengatakan:

    sukses selalu buat abang asep,,,

  45. madfirdaus mengatakan:

    kang Asep salam kenal, abdi oge guru matematika SMP.
    karya dan kemurahan hati berbagi ilmu kang asep luar biasa!

  46. HARUN mengatakan:

    KANG WAKTU IMPUT DATA SISWA KOK NGGAK BISA DISIMPAN KENAPA YAH..

  47. erikjazzy mengatakan:

    salam kenal kang asep…wah saya salut banget ada orang mau share projectnya kepada orang lain,terima kasih atas projectnya,sip banget.Sekalian saya mau nanya juga kang,saya kan ada project absensi juga tetapi dengan VB untuk karyawan.Prinsipnya sama seperti project akang tsb,yang ingin saya tanyakan saya agak bingung untuk membuat tabel absenya,berapa tabel yang dibuthkan untuk mengolah absen masuk,absen pulang dan absen tidak hadir seperti project akang tsb?atas masukan dan infonya terima kasih,maaf jika nanya sperti itu di forum ini,trims…..

  48. Saepudin mengatakan:

    Terima kasih Kang Asep atas post downlodannya

  49. mualaf mengatakan:

    Pak Asep saya boleh ndak minta source code java untuk absensi?saya mau mengembangkan lagi.trima kasih

  50. Helmi Ahmad Alawie mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal kang Asep, abdi Helmi asal Garut namung ayeuna nuju ngembangkeun pendidikan di Timika, Papua, abdi ngadirikeun Yayasan Pendidikan didieu. Alhamdulillah ku ayana program Kang Asep tiasa ngabantos kana kamajengan pendidikan didieu, mudah-mudahan manfaat sareng janten pahala kanggo Kang Asep.

    Nyuhunkeun bantosana pami abdi sharing sanes waktos, hatur nuhun
    Wassalam.

  51. aski mengatakan:

    Salam Kenal Kang Asep
    mohon bantuannya untuk istal di client kok masih error terus tapi instal servernya dah berhasil. untuk lannya sudah aktip. mohon petunjuk terimakasih
    dengan ilmu yg diberikang akang akan menjadikan bangsa ini maju

  52. Bayu Azmi mengatakan:

    Asslm Kang, punten. sy mau ngembangin system ini disekolah sy. cma sy gaptek. bisa bantu kang? sy mau ktemu akang aja langsung. alamatnya dimana? kalau ga bs, gmn cara sy untuk bisa kembangin ini? mohon balasan secepatnya

  53. Danroe mengatakan:

    Salam Kenal Kang..
    Instal sudah beres kang cuma pas dimasukan password error terus…

  54. java mengatakan:

    mas user name dan pasword untuk login sas server nya apa, karena saya tulis admin gak mau masuk

  55. java mengatakan:

    mas user name ama password nya apa sya masukin admin gk mau keluar debug windows

    • asepsuhendar mengatakan:

      un: admin
      pass: admin

      SO nya apa Mas, kl yg saya dulu mencobanya baru di XP.. selain itu belum pernah dicoba..
      Error login juga sepertinya terjadi kalau software ga bisa nyambung ke database.. mungkin ada aplikasi lain yang menggunakan port number yang sama..
      Saya menggunakan defaultnya database hypersonic SQL

      Kalau mau ngoprek kodenya bisa diunduh di source forge Mas..

  56. Ahmad Fikry mengatakan:

    Terimakasih ya kang asep atas ilmunya🙂
    Salam kenal..

  57. afriyadi mengatakan:

    a’ asep, ada link terbarunya gg?
    di link’y uda gg ad ya datanya, terimakasih🙂

  58. manto mengatakan:

    Slam kenal dari saya buat Bang Asep,
    Saya manto, guru di SMP Bangka, saya tertarik dengan SAS yang telah Bang Asep buat.
    Bagaimana saya bisa mendapatkan SAS?, karena saya klik link download yang ke ziddu.com selalu minta kode verifikasi, mohon bantuanya.

    Thank’s buat Bang Asep

  59. anto mengatakan:

    Assalamu’alaikum Bang Asep,

    Setelah saya baca fungsi dan manfaatnya dari sistem Informasi SAS sangat bermanfaat dan saya pengin ijin untuk download dan mencoba menggunakanya. tapi saya klik download yang menuju link ziddu.com kok selalu muncul kode verifikasi dan selalu gagal. Mohon bantuanya Bang asep. Thank’s

  60. suhapri mengatakan:

    pak asep kenapa sy tidak bisa download file server dan client’a yg di ziddu…?

  61. Musthofa Ibnu Hibban mengatakan:

    matur suwun nggih kang Asep…
    Perkenalkan kula Musthofa saking Tangsel
    kula bade nyobi..moga Allah membalas apa yang telah diperjuangkan kang Asep dalam memajukan dunia pendidikan indonesia…Amin

  62. iyan mengatakan:

    maaf mas..
    koq saya gak bisa download SAS (Sistem Informasi Absensi Sekolah)…
    gmn cara x mas…??

  63. adim mengatakan:

    iya neh mas..,link’a gak ada yang bisa di download..!

  64. rohmat mengatakan:

    trima kasih pak asep.. saya sudah download programnya… mohon ijin untuk menggunakan
    thanks.

  65. gatot mengatakan:

    Saya download kok sudah di delete ya.

    Bisa minta lagi bagaimana caranya.

    Terimakasih banyak

  66. prima mengatakan:

    mas..
    saya minta source code yang ini dong.
    mau saya pelajari..
    terimakasih

  67. Syahril mengatakan:

    permisi kang asepsuhendar,, untuk databasenya itu letaknya ada dimana yah? kok saya cari gak ada ya??

  68. 1stwordpress mengatakan:

    gimana kalau link :

    http://sourceforge.net/projects/saspresensi/files/Windows%20Installer/

    ditampilkan dipostingan (atas) biar gampang downloadnya…….

  69. ipan mengatakan:

    file nya knp .exe mas.??
    mash .java ada mas..??

  70. ridwan mengatakan:

    kang asep saya boleh minta file javanya ga??
    saya ingin tambahkan untuk sas gurunya juga, supaya tenaga pendidik lebih dahulu mencotohkan yg baik kepada peserta didik..
    klo boleh dikirim ke email saya kang..
    read.plwd@gmail.com sebelumnya hatur nuhung kang..

  71. ridwan mengatakan:

    kang asep bisa minta izin untuk minta file javanya ga??
    saya ingin menambahkan untuk tenaga pendidiknya..
    rasanya kurang jika tidak di terapkan untuk tenaga pendidik terlebih dahulu supaya menjadi contoh untuk peserta didik..
    bisa minta di kirim ke email : read.plwd@gmail.com
    sebelumnya nuhun pisan kang..

Tinggalkan Balasan

