Urgensi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah

Menindaklanjuti komentar di tulisan sebelumnya: Memfungsikan Lab Komputer sebagai Lab. Bahasa, maka:

Berdasarkan penelitian yang dilakukan:

1.Jones and Berry (2000), menemukan bahwa sekolah adalah sumber informasi penting bagi siswa dalam menyerap teknologi baru

2.Dooling (2000), menemukan bahwa bagi siswa, teman mereka adalah sumber informasi utama bagi siswa dalam mengenal teknologi baru

3.Riel and Fulton (2001) yang mempelajari pentingnya komunitas belajar menemukan bahwa siswa perlu diberikan kesempatan untuk bekerja sama, saling mengisi satu dengan yang lainnya, dan berinterksi secara informal.

4.Martha Hocutt, Ronnie Stanford, Vivian H. Wright, dan Mark Raines (2002) menemukan bahwa mayoritas siswa merasa nyaman dengan kehadiran teknologi, dan guru harus menjadi pihak yang paling berperan dalam memberikan pengetahuan tentang teknologi baru.

Maka:

1.Untuk menghindari pemanfaatan teknologi dalam hal yang kurang bermanfa’at apalagi dalam hal negative oleh siswa karena pembelajaran TIK antar siswa dgn cepat maka mengarahkan pemanfa’atan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting, sehingga siswa disibukan dengan eksplorasi subjek positif dalam pemanfaatan TIK. Bentuk rilnya dapat berupa penugasan pencarian artikel, sumber bacaan, pengiriman PR dgn memanfa’atkan email, otau ujian secara online. Google danhttp://rombel.net dapat dimanfa’atkan untuk ini.

2.Harus tercipta kemudahan akses internet dilingkungan yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi kemudahan akses internet di tempat umum seperti warnet agar aktifitas online siswa terkontrol.

3.Guru harus proaktif terhadap perkembagan TIK.

Alternatif penyelesaian untuk poin 2:

1.Memanfa’atkan jaringan telepon selular untuk akses internet di daerah. Sekarang tarif sudah cukup murah, ada yang sampai Rp. 125000 per bulan untuk akses unlimited atau Rp. 174 per jam. Saya menggunakan akses ini di sekolah tempat saya mengajar (karena mengajar di daerah).

2.Gunakan sharing akses Internetuntuk membagi satu akses shg bisa digunakan banyak computer.

3.Gunakan alternative penghematan dengan memanfaatkan teknik khusus dalam LAN seperti NComputing, jaringan diskless, host-terminal, remote desktop (windows) (Selanjutnya Insya Alloh akan saya tulis tekniknya begitu saya ada waktu luang).

Semoga bermanfaat.
AsepS
http://asepsuhendar.info

3 Balasan ke Urgensi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah

  1. indahsari mengatakan:

    assalamualaikum, kak asep…
    trimaksih, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon guru.
    wassalam

  2. indahsari mengatakan:

    menurut saya, TIK dalam dunia pendidikan sangat penting sekali. pembelajaran lebih menarik, maka akan meningkatkan semangat belajar siswa (terutama hasil, dan respon siswa). mengubah cara belajar yang tradisional, dengan adanya TIK peserta didik dapat berfikir kreatif, dalam memecahkan masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: