Journal: Pelatihan TIK untuk Guru

Tulisan ini tentang penelitian yang dilakukan Jason T. Abbitt dan Mitchell D. Klett, semoga menjadi masukan untuk pelaksanaan pelatihan TIK bagi guru.

Jason T. Abbitt dan Mitchell D. Klett melakukan penelitian yang berjudul “Identifying influences on attitudes and self-efficacy beliefs towards technology integration among pre-service educators”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara rasa percaya diri (self-efficacy) calon guru dalam pemanfa’atan (pengintegrasian) teknologi kedalam pembelajaran dengan sikap calon guru terhadap teknologi komputer selama dalam pelatihan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
Dalam penelitian ini “rasa percaya diri” didefinisikan sebagai keyakinan terhadap kemampuan untuk mengelola dan melaksanakan pencapaian yang diharapkan dari suatu pelatihan.
Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah sebagai berikut:
a.    Apakah terdapat perubahan yang signifikan dalam sikap guru terhadap teknologi komputer atau rasa percaya diri dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dalam empat model pelatihan yang berbeda?
b.    Sikap awal yang manakah yang mempengaruhi rasa percaya diri untuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran?
c.    Struktur dan desain pelatihan yang manakah yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rasa percaya diri dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran?
Penelitan ini menemukan bahwa persepsi kenyamanan terhadap pemanfaatan teknologi komputer menjadi faktor yang signifikan berpengaruh terhadap rasa percaya diri untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, sedangkan persepsi daya manfaat tidak berpengaruh signifikan terhadap rasa percaya diri untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa semua struktur dan metode kursus berpengaruh signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri guru untuk pemanfaatan teknologi terhadap pembelajaran. Lebih lanjut ditemukan juga bahwa kursus yang berfokus pada isu pemanfaatan teknologi terhadap pembelajaran secara lebih luas/secara global memberikan pengaruh lebih besar terhadap rasa percaya diri guru dari pada pelatihan yang berfokus pada peningkatan kemampuan teknis pemanfaatan teknologi komputer tertentu.

4 Balasan ke Journal: Pelatihan TIK untuk Guru

  1. vandha mengatakan:

    benar, sebagian besar kita (para) guru gak pd.
    Untuk itu perlu TNA yg akan mengungkap kondisi awal guru yg peserta workshop

    Salam

    ownwr of Goodank

    • asepsuhendar mengatakan:

      betul pak panda, diajak latihan komputer/internet sudah gratis juga masih sulit, kuncinya memang ga pd..mengira itu materi sulit..
      seperinya trik pertama adalah membangkitkan pd untuk belajar tik..

  2. Sriayu mengatakan:

    Kalo menurut saya… alah bisa karena biasa pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: