TUGAS AKHIR S1: STUDI MODEL PORTOFOLIO DALAM PASAR VALUTA ASING MELALUI ANALISA GERAK BROWN

Setelah sekian lama tidak mengutak-atik persamaan matematika yang agak rumit, tiba-tiba saya merasa ingin membaca Tugas Akhir yang saya buat. Setelah saya baca-baca, saya merasa ingin menyalin beberapa bagian tugas akhir tersebut dari soft copy yang saya simpan kedalam tulis ini, namun sayang ternyata filenya rusak, akhirnya saya foto, dan saya masukan disini.

Skripsi ini saya buat untuk memahami posisi nilai tukar mata uang sekarang yang sifatnya brubah/mengambang/floating dalam pandangan hukum Islam (apakah masuk dalam riba fadl atau tidak), walaupun hanya untuk pemahaman pribadi dan tidak saya bahas sama sekali pemahaman tersebut dalam tugas akhir tersebut. Pembahasan tugas akhir murni 100% analisis dari sudut pandang matematika dan ekonomi modern. Berikut saya ketik ulang beberapa bagian yang dianggap penting:

Latar Belakang dan Rumusan Masalah

Dalam pasar valuta asing (foreign exchange) terdapat dua instrumen, pertama mata uang asing (foreign currencies) sebagai instrumen dasar dan yang kedua yaitu turunan (derivative) dari mata uang asing tersebut, yaitu klaim yang menjanjikan suatu pembayaran atau pembebasan di kemudian hari yang tergantung pada pergerakan harga mata uang asing tersebut dari mata uang lokal.

Harga mata uang asing tersebut, misalkan dollar, senantiasa bergerak secara acak dari waktu kewaktu. Sehingga berbagai bisnis yang melibatkan mata uang asing menjadi sangat beresiko. Dibuatnya turunan tersebut dimaksudkan untuk dapat mengurangi resiko bagi para pemain pasar, misalnya dengan membolehkan seorang pemain pasar untuk menentukan harga mata uang asing tersebut untuk sebuah transaksi di kemudian hari, pada saat ini.

Dalam kegiatan investasinya, seorang investor akan mengkonstruksi portofolio, yaitu menentukan berapa bagian dari investasi yang dialokasikan untuk mata uang asing secara tunai yang dipilihnya (dimana alokasi ini beresiko) dan berapa bagian yang tetap berupa mata uang lokal tunai. Dengan adanya turunan tersebut maka investor memiliki jaminan harga portofolio yang dipegangnya.

Hubungan harga mata uang asing dengan turunannya dalam pasar valuta asing cukup kompleks dan harga keduannya memiliki ketidakpastian. Maka untuk itu kita perlu membangun dasar-dasar peluang untuk menemukan peluang terkuat yang menghubungkan turunan tersebut dengan harga mata uang asing yang berprilaku acak.

….

Proses Gerak Brown

Definisi

Penerapan

Akhirnya didapat model pergerakan kurs sebagai berikut:

Akhirnya

Tinggalkan Balasan

