Coopereative Learning: Student Teams-Achivement Division (STAD)

Bagian esensial dari model ini adalah adanya kerjasama anggota kelompok dan kompetisi antar anggota kelompok. Siswa bekerja di kelompok untuk belajar dari temannya serta ‘mengajar’ temannya.

Tipe Cooperative Learning lainnya yang menekankan pada kompetisi antar kelompok adalah Team Game Tournament (TGT).  Pada TGT kompetisi dilakukan dengan membandingkan kemampuan antar anggota kelompok dalam sebuah bentuk turnamen.

Dalam penerapannya seringkali saya merasa sulit untuk menerapkan sepenuhnya satu model pembelajaran, dan kadangkala perlu untuk menggabungkan dengan model yang lainnya. Pada pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung tahun ini awalnya saya akan menerapkan TGT, namun ternyata dari pertemuan pertama didapat kesimpulan bahwa TGT memerlukan waktu yang cukup banyak, sehingga dalam pelaksanaannya saya arahkan ke STAD. Untuk pertemuan ke-2 dan seterusnya akhirnya pembelajaran saya arahkan ke STAD yang memerlukan waktu yang relatif lebih sedikit daripada saya gunakan tipe TGT, walaupun terpaksa saya harus merevisi semua RPP pada pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung ini.

 

Pembelajaran Ke-1

Semua kelompok siswa diberi karton dengan ukuran sama (21cmx31cm) untuk dibuat jaring-jaring tabung. Kelompok yang berhasil menyisakan karton paling sedikit (membuat tabung dengan luas permukaan terbesar) menjadi juara dalam pembelajaran ini.

 

Pembelajaran Ke-2

Dalam pembelajaran ini saya berperan sebagai petani yang akan menjual sebatang pohon (tabung), dan melakukan tender, pada kelompok siswa adalah peserta tender yang harus menghitung volume pohon tersebut.. pemenangnya adalah yang dapat membeli pohon dengan harga yang pas (dilihat berdasarkan analisis yang terbaik dalam menentukan volume pohon)

 

2 Balasan ke Coopereative Learning: Student Teams-Achivement Division (STAD)

  1. Sriayu mengatakan:

    Mantab….wal…gud-gud…!
    Belum pernah coba STAD. Kira2 utk English makan waktu lama gak ya..?
    *masihmikir.
    he he he…!

    Salam Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: