Makna Perencanaan – Mari Membuat Rencana Sekolah

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berbincang-bincang dengan Kepala Sekolah (yang masih baru bertugas di tempat saya tugas, SMK Negeri 1 Pangandaran), beliau mengucapkan kata seperti ini “(bangunan) sekolah ini seperti cacag nangkaeun“. Cacag nangkaeun adalah pribahasa dalam bahasa sunda yang bermakna kurang lebih “tidak teratur karena karena lemahnya perencanaan dalam pengelolaan, sehingga pengelolaan dibuat ‘semaunya’ tanpa grand design”.

Baru kemaren sore juga saya berbincang dengan staf di sekolah yang sebelumnya merintis wirausaha tapi menemui kegagalan, saya tanya kenapa gagal, dia bilang “sepertinya kurang perhitungan”, menurut saya perhitungan disini lebih ke perencanaan, menghitung-hitung rencana, memperkaya alternatif, jika plan A gagal, maka lari ke plan B, dst. Saya cari-cari kembali status facebook saya di bulan April.. sepertinya pernah menulis tentang pentingnya perencanaan, ini status saya:

“Survey membuktikan bahwa 80 persen tindakan yang tidak didahului dengan perencanaan hanya menghasilkan kurang dari 20% hasil (outcome) yang bernilai..”

“Manakah yang anda pilih, mengorbankan waktu sedikit lebih banyak untuk membuat rencana atau melangkah cepat tapi tidak menghasilkan apa-apa?”

“Rencana bagai sebuah peta, hal terpenting adalah mengetahui dimana kita sekarang berada sebagai modal untuk menentukan kemana kita akan pergi dan apa yang harus kita lakukan selanjutnya.”

Mengingat pentingnya perencanaan, sepertinya saya ingin berisnisiatif membuat perencanaan sekolah dengan agak serius, bukan sekadar formalitas, diterima atau tidak nggak masalah, cocok atau tidak nggak masalah, yang penting saya sudah belajar merencanakan..

Perencanaan yang saya buat pertama dengan menentukan posisi sekolah saat ini, rencananya saya akan mengumpulkan berbagai data, mulai jumlah siswa, nilai APBS, pekerjaan ORTU, pencapaian nilai ujian nasional, daya serap lulusan, prestasi akademik dan non akademik, ketenagaan, bantuan pemerintah, dsb, dari pertama sekolah didirikan sampai sekarang. Hanya ini perlu waktu agak lama.. sambil ini jalan juga saya membuat hal lain, masih seputar melihat “peta sekolah”..

Bertolak dari visi misi saya akan segera menentukan Achievement Generating Factor (AGF)/Faktor Penentu Utama untuk kemajuan sekolah..

Ah saya sebenarnya ingin menulis sekarang tentang AGF yang saya “impleng” tapi waktu.. biar nanti disambung..

Eh SGF (Support Generating Factor)/faktor pendukung juga ..

Oke, nanti sebelum masuk ke analisis SWOT saya ingin coba buat SAP, Stategic Advantage Profile, .. mulai dari mualai dari penentuan key success factor.. ETOP.. analisis Balanced Score Card.. habis itu tinggal greng-greng deh..

teng waktu habis.. besok hari kamis mau audit ISO9001:2008, masih banyak yang harus diselesaikan, besok disambung Insya Allah..

Satu Balasan ke Makna Perencanaan – Mari Membuat Rencana Sekolah

  1. Admin mengatakan:

    mantab bro…, tapi gimana dengan pendidikan yang diabdikan pada pasar kerja dan ditujukan untuk memperkaya beberapa orang, seperti di jelaskan dalam tulisan dalam link berikut:

    http://prpmakasar.wordpress.com/2009/01/07/wwwprp-samarindacocc/

Tinggalkan Balasan

