Resensi Buku “Teknik Mengaktifkan Otak Kanan Manusia”

Cover Teknik mengaktifkan otak kanan(1)

Judul Buku: Teknik Mengaktifkan Otak Kanan Manusia; Melalui kekuatan hati dan kekuatan ikhlas yang bersumber dari kekuatan Yang Maha Kuasa

Penulis : Arman Andi Amirullah

Penerbit : Yayasan Masyarakat Indonesia Baru

ISBN: 978-602-9049-15-2

 

Buku ini mengawali pembahasannya tentang penciptaan manusia, yang dengan membacanya kita akan tahu bahwa setiap kita adalah tercipta sebagai manusia yang unggul dan istimewa. Bagi guru penanaman hal ini perlu dilakukan dalam setiap kali ia mengajar siswanya, bahkan guru saat menghadapi siswa harus meyakini bahwa ia berhadapan dengan siswa-siswa yang semuanya adalah ciptaan yang unggul dan istimewa, kemukakan dan aplikasikan hal tersebut dalam kegiatan belajar mengajar di kelas agar siswa juga dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dalam keyakinan yang sama.

Selanjutnya penulis membahas kelebihan manusia secara khusus dalam otaknya (otak adalah alam semesta seberat satu kilogram).
“Namun sayang seribu sayang! Bagaimana anak didik kita dapat mengetahui kehebatan otak dan kecanggihan otaknya kalau pendidik dan orang tuanya sendiri tidak mengetahui kapasitas dan kemampuan otak manusia.”

Saat ini diketahui bahwa rata-rata potensi otak manusia yang digunakan hanya sekitar 0,0001% dari seluruh potensi yang dimilikinya.

Pada pembahasan selanjutnya penulis mengarah kepada pembahasan teknis bagaimana mengembangkan potensi otak yang dimiliki manusia dengan mengoptimalkan penggunaan otak kanan. Bagi guru bagian ini sangat penting untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dalam mata pelajaran apapun yang disampaikannya.

Bahkan peulis juga mencontohkan pengembangan pemanfa’atan potensi otak kanan ini telah diterapkan di sekolah-sekolah seperti di Jepang, hal ini dapat dilihat dari mata pelajaran yang diajarkan yang lebih banyak mengarah kepada seni, kerajinan, keterampilan, etika, dan budaya. DI negara-negara Barat, pelajaran abjad, baca, tulis, hitung baru diajarkan pada usia 8 tahun, sementara di Indonesia sudah diajarkan di TK, yang padahal hal ini akan berdampak pada terbatasnya pemanfa’atan potensi otak pada usia selanjutnya.

Saran saya, sebaiknya para guru membaca buku ini dan selanjutnya mengembangkan teknik pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi anak didiknya, bukan saja di kelas saat proses pembelajaran, tetapi juga dalam kehidupan peserta didik di luar kelas dan di masa-masa mendatang yang akan dihadapinya.

Terima kasih, semoga bermanfa’at.

Satu Balasan ke Resensi Buku “Teknik Mengaktifkan Otak Kanan Manusia”

  1. ambrhu ismuhafi mengatakan:

    apakah buku ini tidak ada dalm bentuk file

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: