Informal Cooperative Learning

Imägè125

Pembelajaran kooperatif informal dapat diterapkan pada bagian dari suatu pertemuan KBM dimana siswa menjadikan rekan satu kelompoknya sebagai partner. Tipe pembelajaran yang termasuk dalam kategori ini misalnya:

 

Think-pair-share (berfikir-berpasangan-berbagi)

  • Guru mengajukan sebuah pertanyaan, selanjutnya menyediakan waktu bagi siswa untuk berfikir
  • Siswa mengemukakan hasil pemikirannya kepada seorang siswa lain, dalam hal ini setiap siswa bertindak sebagai partner bagi siswa lainnya dalam pasangan yang dipilih/ditentukan sebelumnya.
  • Siswa dalam pasangan tersebut mengemukakan jawaban mereka.

 

Think-write-pair-compare (berfikir-menulis-berpasangan-membandingkan)

  • Siswa menuliskan apa yang telah mereka fikirkan.
  • Siswa membandingkan tulisan hasil pemikirannya dengan seorang siswa lain sebagai partnernya.

 

Write-pair-switch (tuliskan, berpasangan, bertukar)

  • Tiap-tiap siswa bekerja sendiri-sendiri menuliskan jawaban terhadap suatu pertanyaan atau perintah
  • Siswa berpasangan dan mendiskusikan jawaban mereka.
  • Siswa bertukar pasangan (membentuk pasangan baru). Selanjutnya mereka mengatakan kepada pasangan barunya tentang jawaban dari pasangan sebelumnya.

 

Pairs check/check and coach

  • Setelah membahas suatu topik, guru menyiapkan beberapa pertanyaan dalam kertas sebanyak pasangan yang akan dibentuk untuk memeriksa pemahaman siswa.
  • Semua pasangan mengambil daftar pertanyaan tadi dan menjawab pertanyaan tadi secara berpasangan, mereka saling mengajari dan bertanya satu sama lain mengenai jawaban dari pertanyaan tadi.

 

Flashcard game

  • Untuk pelajaran yang perlu mengingat/menghapal maka siswa dapat bermain dalam pasangan menggunakan flashcard. Flashcard ini adalah kartu dimana satu muka berisi pertanyaan dan muka yang lain berisi.
  • Siswa bergantian memperlihatkan satu pertanyaan dan pasangannya mengerjakan jawaban pertanyaan tadi, selanjutnya mereka dapat memeriksa jawaban dengan membuka sisi yang lain dari kartu yang mereka pegang.

 

Timed talking

  • Pasangan siswa diberi peran yang berbeda, katakan peran A dan B.
  • A berbicara selama 60 detik apa yang dipelajarinya.
  • B berbicara selama 45 detik.
  • A kemudian melanjutkan atau merangkum hasil belajar mereka.

 

Sumber

Jolliffe, Wendy. 2007. Cooperative Learning in the Classroom, Putting it into Practice. Paul Chapman Publishing. London.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: