Pembelajaran Menyenangkan : Agree-Disagree Line-Ups

line-up

Seting:

Diberikan sebuah pernyataan (statement), selanjutnya siswa berdiri dan mengambil posisi pada sebuah garis dari satu ujung ruang kelas ke ujung lainnya.

Siswa yang paling setuju dengan pernyataan yang diajukan berdiri di ujung satu garis dan yang paling tidak setuju berdiri di ujung yang lainnya. Siswa yang lain berdiri diantara siswa yang paling setuju dan yang paling tidak setuju, siswa menentukan sendiri letaknya menurut “tingkat persetujuan” terhadap pernyataan yang diajukan.

Pernyataan dapat berisi pendapat terhadap suatu permasalahan dalam topik pembelajaran atau bahkan pernyataan berkenaan dengan classbuilding pada KBM.

Berikut ini contoh pernyataan berkenaan dengan topik pada classbuilding pada KBM.

1. Pemberdayaan Siswa

  • Saya merasa pendapat saya diperhitungkan di kelas ini.
  • Para siswa diikutsertakan dalam membuat sebuah keputusan di kelas.
  • Kami memiliki hak suara di kelas ini.

2. Suasana Kelas

  • Pembelajaran ini cukup menyenangkan
  • Saya merasa bebas untuk mengajukan pertanyaan di kelas ini

Semoga bermanfa’at.

Sumber Pustaka

Kagan, Spencer & Miguel Kagan. 2009. Kagan Kooperatif Learning. Kagan Publishing. California, USA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: