Pembelajaran Menyenangkan : Spend-A-Buck

Spend-A-Buck01 Spend-A-Buck02

 

Pembelajaran menyenangkan ini digunakan untuk membuat keputusan dalam kelompok pada pembelajaran kooperatif. Anggota kelompok menggunakan uang koin (atau biar lebih menyenangkan bisa menggunakan uang mainan atau bahkan permen) untuk melakukan voting terhadap pilihan masing-masing. Pilihan dengan  koin terbanyak dianggap sebagai keputusan kelompok.

Seting

Setiap siswa diberikan sejumlah koin yang sama, contoh 10 koin. Tiap-tiap pilihan jawaban ditulis pada kartu yang berbeda atau secarik kertas.

Langkah-langkah:

  1. Letakan alternatif jawaban (kartu pilihan) pada meja kelompok.
  2. Setiap anggota kelompok meletakan masing-masing satu koin pada tiap-tiap kartu pilihan.
  3. Selanjutnya siswa dapat meletakan koin (sisanya) seluruhnya pada satu jawaban atau sebagian koin pada satu jawaban dan koin sisanya pada alternatif jawaban yang lain. Semakin yakin terhadap suatu alternatif jawaban maka siswa semakin banyak meletakan koinnya pada alternatif jawaban tersebut
  4. Tiap-tiap kelompok kemudian menghitung koin pada masing-masing alternatif jawaban untuk menentukan jawaban kelompok.

Catatan:

Jika terjadi seri maka dapat dilakukan eliminasi terhadap jawaban yang palih sedikit dipilih, dan mengulangi langkah 1 – 4 diatas sampai didapatkan jawaban.

Agar siswa aktif maka sebelum (atau sesudah, tergantung keperluan) meletakan koin siswa dapat mengemukakan pendapat atau alasanya kenapa memilih suatu alternatif jawaban.

Semoga bermanfa’at.

Sumber Pustaka

Kagan, Spencer & Miguel Kagan. 2009. Kagan Kooperatif Learning. Kagan Publishing. California, USA.

Tinggalkan komentar